Ternak Ayam ~ Pemeliharaan kesehatan lebih difokuskan pada pencegahan terhadap terjangkitnya ternak oleh penyakit. Oleh karena itu berbagai hal yang berhubungan dengan penyakit dan cara-cara pencegahannya perlu diketahui. Secara umum kita bisa membedakan antara ayam sehat dari ayam sakit.


Dalam upaya pemeliharaan kesehatan ini yang terpenting adalah kita harus dapat melihat kondisi ayam. Tidak berarti kita harus menangkap satu persatu ayam untuk diperiksa setiap hari, tetapi kita harus upayakan untuk mengamati secara keseluruhan selama kurang lebih 10 menit saat ayam-ayam berkumpul diberi makan.

Pencegahan penyakit harus dimulai dengan dua hal penting yaitu sanitasi (biosecurity) dan imunisasi atau vaksinasi. Namun untuk sistem pemeliharaan diumbar pencegahan tertularnya penyakit agak sulit karena sehari-hari ayam dilepas bersama-sama ayam tetangga, sehingga cara yang bisa dilakukan untuk sistem pemeliharaan diumbar ini adalah dengan imunisasi terhadap beberapa penyakit menular tertentu. Sementara itu untuk sistem pemeliharaan ren dan batere, sanitasi dan vaksinasi dapat dilaksanakan dengan baik.

Baca selengkapnya tentang Gambar Kandang Ayam atau ada yang ingin membuat Kandang Ayam

Sanitasi (biosecurity)

Pelaksanaan karantina dengan berbagai perlakuan, yaitu pada saat pertama ayam datang ke tempat kita, merupakan salah salah satu permulaan yang baik dalam pemeliharaan kesehatan. Selanjutnya diharapkan, ayam dapat bertahan terhadap berbagai serangan penyakit.

Penyediaan kandang peneduh yang baik untuk ayam-ayam beristirahat pada malam hari, dan dihari hujan atau terik matahari, begitu juga dengan penyediaan sarang yang bersih, merupakan upaya-upaya sanitasi yang baik. Kandang jangan dibiarkan bocor, sehingga akan membuat lantai basah. Apabila disediakan pakan dan minum pada tempat tertentu, maka tempat-tempat tersebut agar dijaga kebersihannya setiap hari.

Tetap berusaha untuk mengawasi kalau-kalau ada ayam sakit, yang harus segera dipisahkan dari kelompok yang sehat, karena besar kemungkinan bisa menularkan penyakit yang dideritanya. Penggunaan antiseptik atau desinfektan dengan jalan disemprotkan ke sekitar kandang pada waktu-waktu tertentu secara teratur dianjurkan untuk mengurangi perkembangan berbagai kuman dan kutu di sekitar kandang.

Imunisasi

Untuk unggas ayam, telah ditemukan berbagai vaksin yang dapat dipakai untuk meningkatkan imunitas tubuh ayam terhadap penyakit. Vaksin ND merupakan vaksin penting yang harus dimasukan ke dalam tubuh ayam untuk meningkatkan imunitas atau daya kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit virus ND. Beberapa vaksin lain telah dianjurkan untuk diaplikasikan untuk menangkal beberapa penyakit menular lainnya.
Next
Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.
Axact

KAOS DAKWAH

KAOS DAKWAH adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Dakwah sampai bagaimana cara menjual Kaos Dakwah Online maupun offline, Silakan cari artikel di blog ini..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini.

Post A Comment:

0 comments: