Ternak Ayam ~ Sebelum anak ayam petelur umur sehari (DOC) yang dipesan tiba di peternakan maka diperlukan persiapan-persiapan sebagai berikut :

Pembersihan Kandang

Sebaiknya seminggu sebelum DOC datang, kandang telah siap. Untuk itu perlu langkah-langkah pembersihan kandang sebagai berikut :
  • Ayam dewasa dipindahkan dari kandang yang akan digunakan untuk DOC petelur yang akan datang. Selanjutnya, kotoran di dalam kandang disemprot pembunuh serangga agar serangga-serangga tidak berpindah tempat ketika peralatan di dalam kandang dikeluarkan.
  • Kotoran dimasukkan ke dalam karung dan dikeluarkan dari lokasi peternakan.
  • Peralatan kandang dikeluarkan dan dibersihkan.
  • Kandang (atap, kayu, dan lantai) disemprot air dengan penyemprot kandang bertekanan tinggi (lebih dari 750 psi atau 50 kg/cm2) sehingga kotoran ayam yang menempel akan terlepas.
  • Bila sudah bersih, kandang disemprot lagi dengan pembunuh serangga untuk membunuh serangga yang belum mati dari semprotan pertama. Racun serangga yang dapat digunakan adalah Malathion, Sevin, Basudin, dan sejenisnya.
  • Bagian kandang (lantai, dinding kawat, atap, tiang, dan kayu) yang rusak harus segera diperbaiki.
  • Kandang disemprot dengan desinfektan. Nama dagang desinfektan yang dapat dipilih antara lain Ucarsan, Bromoquad, dan Iysol. Untuk mendapatkan hasil terbaik sebaiknya gunakan dosis yang sesuai anjuran pabrik pembuat desinfektan bersangkutan.
  • Peralatan yang ada di dalam kandang dibersihkan di luar kandang dengan air. Kemudian dilanjutkan dengan menggunakan desinfektan. Setelah bersih peralatan dimasukkan kembali ke kandang. Selain itu, lengkapi kandang dengan induk buatan (brooding).

Persiapan Induk Buatan

Kandang Lantai Litter

Beberapa pekerjaan yang harus dilakukan dalam mempersiapkan induk buatan adalah sebagai berikut :
  • Bila kandang telah dibersihkan dan didesinfektasi, buat lingkaran pembatas dari seng yang tingginya 40 cm dengan diameter 3 m. Fungsi lingkaran pembatas ini adalah untuk menggiring anak ayam agar berkelompok untuk memudahkan mendapat makanan, minuman, maupun sumber panas. Satu lingkaran pembatas dapat menampung 500 ekor anak ayam. Bahan seng dipilih karena dapat berfungsi sebagai penghantar panas yang baik.
  • Taburkan litter dari kulit gabah atau serutan kayu yang telah difumigasi sebelumnya dengan ketebalan 6-7 cm. Kemudian di atas litter dipasang penutup dari kertas koran atau kertas bekas pembungkus semen yang juga telah difumigasi. Litter ditutup agar anak ayam yang belum mengenal makanannya tidak memakan bahan litter, sebab bahan litter yang termakan akan mengganggu pencernaan.
  • Letakkan tempat makanan di atas kertas (feeder tray) sebanyak 10 buah untuk 500 ekor anak ayam (1 buah untuk 50 ekor).
  • Letakkan tempat minum 5-6 buah dengan ukuran satu galon untuk setiap 500 ekor anak ayam (1 buah untuk 100 ekor).
  • Pasang lampu 75 watt dengan ketinggian 1,5 m di atas litter. Satu lampu untuk satu lingkaran seng yang berdiameter 3 m (untuk 500 ekor anak ayam). Lampu ini berfungsi sebagai penerang agar anak ayam tahu letak wadah makanan dan minumannya. Penggunaan lampu ini dilakukan bila pemanas yang dipakai bukan berupa lampu pijar.
  • Pasang pemanas di tengah-tengah lingkaran seng. Bila menggunakan pemanas gasolex maka untuk 500 ekor dapat digunakan satu pemanas tipe S4 dan untuk 1.000 ekor dapat digunakan satu pemanas tipe S8. Bila menggunakan pemanas bola lampu listrik maka setiap 100 ekor dapat digunakan satu bola lampu pijar 100 watt. Persiapan brooding harus sudah selesai 2 hari sebelum anak ayam datang.

Kandang dengan lantai berlubang

Pada prinsipnya perlakuan untuk lantai berlubang sama dengan perlakukan untuk lantai litter. Hanya saja pada awalnya permukaan lantai berlubang harus dialasi dahulu dengan kertas yang cukup kuat. Taburkan litter secukupnya. Dengan cara ini litter tidak jatuh ke bawah dan kaki anak ayam tidak terperosok. Kertas dan litter mulai disingkirkan bila kaki ayam sudah cukup besar dan kuat, yaitu umur 2 minggu. Bila kandang yang dipakai berbentuk baterai (cage) maka ukuran baterai pada periode brooding bermacam-macam, antara lain untuk lebar x panjang x tinggi adalah 55,9 x 61 x 41 cm, 61 x 61 x 41 cm, 61 x 68,6 x 41 cm, dan 61 x 91,4 x 41 cm.

Saat Anak Ayam Datang

Saat anak ayam datang ada beberapa hal yang harus dilakukan.
  • Sekitar 4 jam sebelum anak ayam datang, lampu dihidupkan supaya ruangan kandang cukup hangat ketika anak ayam dimasukkan.
  • Siapkan minuman berupa campuran 50 gram gula, 1 gram vitamin C, dan antibiotik satu jam sebelum anak ayam datang. Minuman ini berguna untuk memulihkan cairan tubuh yang hilang akibat stress perjalanan. Pakan pertama diberikan setelah anak ayam bisa minum semua kurang lebih 3 jam setelah anak ayam dimasukkan ke kandang.
  • Siapkan termometer untuk mengukur panas ruangan. Termometer dipasang setinggi lingkaran seng dan diletakkan pada lingkaran seng pelindung.
 Baca selengkapnya tentang Gambar Kandang Ayam atau ada yang ingin membuat Kandang Ayam
Axact

KAOS DISTRO

KAOS DISTRO adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Distro sampai bagaimana cara menjual Kaos Distro Online maupun offline, Silakan cari arti www.kaosdistro.web.id..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini, Jika antum PRODUSEN KAOS DISTRO MAU KERJASAMA SILAKAN KONTAK NO TLP YANG ADA DI WWW.KAOSDISTRO.WEB.ID

Post A Comment:

0 comments: