Ternak Ayam ~ Dalam memilih bahan makanan yang akan diberikan kepada Ayam Buras, perlu diperhatikan beberapa hal, yaitu :

Bahan makanan yang akan digunakan tidak boleh berada pada tingkat persaingan yang tinggi. Bila terpaksa digunakan, misalnya jagung kuning, hanya dalam jumlah terbatas. Bahan makanan sebaiknya merupakan limbah pertanian, seperti dedak, bekatul, bungkil kacang kedelai, bungkil kelapa, dan lain-lain, untuk menghindari tingginya tingkat persaingan dengan bahan makanan yang juga dibutuhkan oleh manusia.


Memanfaatkan bahan makanan sisa-sisa rumah tangga atau dari dapur yang tidak digunakan lagi, tetapi bisa dimakan Ayam Buras. Bahan makanan tidak rusak dan tidak mengandung racun atau tengik. Bungkil kelapa atau bungkil kacang tanah merupakan bahan makanan yang mudah tengik. Tepung ikan asal Chili, yang dalam beberapa kasus, mengandung racun penyebab kasus Black Vomit.

Bahan makanan banyak tersedia, sebaiknya tidak memilih bahan makanan yang tidak terjamin ketersediaannya, kini ada dan besok tidak ada. Ayam membutuhkan ransum dengan bahan makanan yang stabil dan tetap. Bahan makanan yang kini ada dan besok tidak ada sebaiknya jangan digunakan.

Bahan makanan berharga murah, jagung kuning dan tepung ikan yang merupakan bahan makanan utama penyusun ransum dan hingga kini masih digunakan, mempunyai harga relatif lebih mahal dari pada bahan makanan lainnya. Oleh karena itu penggunaannya harus dibatasi dan diimbangi dengan penggunaan bahan makanan lain yang lebih murah, misalnya dedak, bungkil kelapa, bungkil kacang kedelai, tepung daun turi, dan lain-lain.

 Baca selengkapnya tentang Gambar Kandang Ayam atau ada yang ingin membuat Kandang Ayam

0 comments so far,add yours