Ternak Ayam ~ Ayam jinak alias ayam peliharaan sering juga disebut ayam ternak. Alasannya, karena hidup dan berkembangbiaknya selalu di bawah pengawasan manusia. Dari usaha pemeliharaan ini, manusia bisa mengambil manfaat dan keuntungan dari hasil ternaknya. Ayam bisa diambil daging dan telurnya sebagai bahan makanan bergizi, kotorannya bisa dikumpulkan untuk pupuk tanaman dan kegiatan pertanian. Atau ternak bisa dimanfaatkan sebagai sumber rekreasi, misalnya untuk jenis ayam sabung dan hias.


Boleh dikata usaha penjinakan dan budidaya pemeliharaan ayam hampir sama panjangnya dengan usia peradaban manusia. Tapi ternyata jenis-jenis ayam peliharaan yang kini telah tersebar luas hampir di seluruh pelosok bumi ini, masih sulit ditelusuri asal usulnya. saat ini terdapat 2 teori yang masih bersitegang mengenai asal usul ayam ternak, yang sekarang telah berkembang pesat sebagai unggas nomor satu di bidang peternakan.

Teori Pertama

Teori ini berpendapat bahwa yang menurunkan jenis-jenis ayam ternak yang sekarang telah berkembang dan tersebar luas di permukaan bumi ini adalah berasal dari jenis ayam hutan merah Gallus gallus. Pendapat ini dikemukakan oleh Charles Darwin pada tahun 1868. Alasannya, ayam hutan merah yang Gallus gallus mudah dikawinkan dengan berbagai jenis ayam piaraan yang ada sekarang ini, sedang ketiga jenis ayam lain Gallus varius, Gallus lafayetti, dan Gallus sonnerettii sangat sulit dilakukan. Selanjutnya generasi pertama dari hasil perkawinan antara ayam hutan merah Gallus gallus dengan ayam piaraan yang sekarang ada, hasilnya bersifat mandul. Selain itu banyak ciri-ciri fisik beberapa jenis ayam piaraan (Melayu, Sumatera, Brown Leghorn) banyak sedikitnya mirip sekali dengan ayam hutan merah Gallus gallus, di antaranya adalah warna bulu dan jengger. Kadang-kadang dalam perkawinan antar jenis ayam piaraan, bisa diperoleh keturunan ayam yang bentuk fisiknya mirip sekali dengan ayam hutan merah.

Teori Kedua

Teori ini berpendapat bahwa kemungkinan besar terbentuknya berbagai jenis ayam piaraan yang terdapat saat ini tercipta melalui persilangan lebih dari satu jenis ayam hutan yang pernah ada, yaitu ayam hutan merah Gallus gallus dengan beberapa jenis ayam hutan lain yang sekarang telah punah. Alasannya, ayam peliharaan yang terdapat di daerah sekitar laut Tengah, badannya relatif kecil, sayap relatif panjang bentuknya dan dapat dipakai untuk terbang, posisi ekor tegak, tungkai kaki tidak berbulu, kepala berbentuk lonjong horizontal, jengger dan pial relatif besar, sifatnya mudah kaget, dan telur yang dihasilkan warna kulitnya putih. Sedang ayam  peliharaan yang terdapat di daratan Asia, bentuk badannya relatif besar dan berat, sayap relatif pendek sehingga tidak dapat dipakai untuk terbang.

Baca selengkapnya tentang Gambar Kandang Ayam atau ada yang ingin membuat Kandang Ayam
Referensi : Search Google
Axact

KAOS DISTRO

KAOS DISTRO adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Distro sampai bagaimana cara menjual Kaos Distro Online maupun offline, Silakan cari arti www.kaosdistro.web.id..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini, Jika antum PRODUSEN KAOS DISTRO MAU KERJASAMA SILAKAN KONTAK NO TLP YANG ADA DI WWW.KAOSDISTRO.WEB.ID

Post A Comment:

0 comments: