Ternak Ayam ~ Proses pembentukan telur dapat berlangsung bila keadaan normal dan tidak ada sesuatu yang mengganggu. Beberapa gangguan yang mungkin terjadi dapat menyebabkan dua hal, yaitu
  • Abnormalitas dari bentuk dan isi telur. Hal ini terjadi karena ada kejutan dari luar. Ayam petelur yang berproduksi tinggi (misalnya White Leghorn jengger tunggal) sangat peka terhadap segala sesuatu di luar yang biasa dialami. Bila dalam proses pembentukan telur it terjadi suatu kejutan, maka kuning telur yang sedang berada di oviduct itu akan kembali lagi ke proses awal, saat itu mungkin telah keluar kuning telur yang baru. Akibatnya akan terjadi apa yang disebut dengan "Double Yolk" atau kuning telur berganda.
  • Keadaan lingkungan, individu ayam dan ransum. Faktor pertama dapat dikatakan sebagai faktor dalam yang mempengaruhi bentuk dan kualitas telur yang dibentuk. Sedangkan faktor kedua dapat dikatakan sebagai faktor luar yang juga penting dalam pengaruhnya terhadap proses pembentukan telur.

Dalam kegiatan produksi telur, ayam terutama akan mengarahkan semua unsur gizi yang ada untuk hidup pokoknya dan produksi secara simultan. Bila karena sesuatu hal (misalnya karena kualitas ransum tidak baik atau ayam berpuasa pada kegiatan force molting) unsur-unsur gizi yang dibutuhkan untuk produksi tidak ada, maka ayam tipe dwiguna masih mampu bertelur dua kali dan satu kali bertelur untuk ayam tipe ringan. Kemudian kegiatan bertelur akan berhenti dan ayam akan mengarahkan semua cadangan yang ada untuk pokok. Bila masih juga tidak ada unsur gizi yang masuk (misalnya memang sengaja dipuasakan terus), maka ayam akan menemui ajalnya dengan cepat. Tetapi bila air diberikan, ayam tipe medium akan mampu bertahan hidup (tanpa makan) selama 18 hari dan ayam tipe ringan 11 hari (rata-rata).

Baca selengkapnya tentang Gambar Kandang Ayam atau ada yang ingin membuat Kandang Ayam

Sumber : Fletcher 1973, Eggs and Egg Product
Axact

KAOS DAKWAH

KAOS DAKWAH adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Dakwah sampai bagaimana cara menjual Kaos Dakwah Online maupun offline, Silakan cari artikel di blog ini..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini.

Post A Comment:

0 comments: