Ternak Ayam ~ Pemberian pakan dan minum untuk ayam harus dilihat tipe pertumbuhan badannya sesuai tujuan pemeliharaan. Ayam pelung dengan tubuh yang besar dan kokoh dengan pertumbuhan yang cepat dapat dikategorikan sebagai pedaging. Tetapi, karena kebanyakan peternak lebih memusatkan untuk menghasilkan anak, maka pemeliharaannya dipusatkan untuk memperbanyak telur tetas. Dengan demikian tipe pemeliharaan yang tepat adalah pemeliharaan tipe dwiguna (petelur dan pedaging).

Bahan Pakan

Bahan pakan adalah suatu kekeliruan jika menganggap sama antara istilah pakan dan ransum. Pakan dapat diartikan sebagai seluruh bahan makanan yang dapat diberikan pada ternak. Sedang ransum adalah kumpulan bahan makanan yang disediakan untuk ternak selama 24 jam. Dengan kata lain, ransum merupakan bagian dari pakan. Peternak yang tidak ingin repot melakukan penyusunan ransum dapat membeli ransum jadi dari pabrik. Namun, harganya kadang menjadi kendala sehingga peternak lebih memilih menyusun ransum sendiri.

Baca selengkapnya tentang Gambar Kandang Ayam atau ada yang ingin membuat Kandang Ayam

Dalam menyusun ransum bahan pakan dipilih berdasarkan syarat sebagai berikut :
  • Disukai ayam pelung.
  • Hendaknya dapat saling menutupi kekurangan masing-masing bahan pakan.
  • Mudah didapat dengan harga terjangkau.
  • Mengandung cukup zat-zat yang diperlukan sesuai dengan syarat minimum ransum untuk ayam pelung. Untuk itu peternak harus mengetahui zat-zat yang terkandung dalam setiap bahan dan ayam pada tiap periode umur.
  • Bermutu baik, artinya bahan pakan tersebut belum terlalu lama disimpan, warna, bau, maupun bentuknya belum berubah akibat jamur atau binatang perusak.

Bentuk Bahan Pakan Dan Ransum

Bahan pakam ayam pelung berupa makanan, hasil tanaman, dan kadang bahan-bahan yang berasal dari ternak atau hewan laut. Berdasarkan bentuk fisik pakan terbagi dalam :
  • Bentuk butiran : jagung, gandum, sorghum, dan lain-lain yang merupakan sumber karbohidrat.
  • Bentuk tepung : bekatul, dedak gandum, tepung tulang, tepung ikan, dan lain-lain sebagai sumber protein dan karbohidrat.
  • Bentuk pipih : bungkil kedelai, bungkil kacang tanah, dan asam amino.
  • Bentuk cair : minyak ikan, minyak kedelai, dan lain-lain sebagai sumber energi.
Sedang bentuk ransum secara umum terbagi dalam beberapa macam sebagai berikut :
  • Bentuk tepung komplet. Berupa campuran bahan pakan yang telah digiling halus sebelum dicampur dan mengandung unsur gizi komplet yang dibutuhkan ayam. Ransum jenis ini mudah diserap usus ayam, sehingga dapat diberikan untuk semua jenis ayam dari anak hingga dewasa.
  • Bentuk butiran atau pelet. Merupakan bentuk ransum tepung komplet yang diproses kembali bentuk butiran. Pengembangan ransum ini disesuaikan dengan sifat ayam yang lebih menyukai pakan bentuk butiran atau pecahan. Pemakaian ransum seperti ini mengurangi pengeluaran karena tidak ada yang terbuang. Namun, ransum pelet hanya dapat diberikan pada ayam yang telah menginjak remaja dan sering menimbulkan kanibalisme.
  • Bentuk butiran pecah atau crumble. Bentuk ini merupakan pengembangan jenis pelet. Ransum ini adalah ransum tepung komplet yang diubah menjadi bentuk pecahan. Kelebihan ransum ini adalah dapat diberikan untuk semua periode umur, disukai ayam, dan memiliki unsur gizi komplet dalam tiap pecahan.

Penyimpanan Bahan Pakan

Setiap peternakan harus memiliki gudang penyimpan ransum, terutama bagi peternakan berskala besar. Alasannya, karena peternak membeli ransum untuk jangka waktu tertentu, yaitu sekitar 2-3 minggu. Dalam menyimpan ransum peternak perlu memperhatikan beberapa hal sebagai berikut.
  • Tempat penyimpanan tidak lembap, cukup sinar matahari, dan cukup ventilasi.
  • Sebaiknya bungkusan (karung) ransum tidak diletakkan langsung di lantai penyimpanan, apalagi jika lantainya semen yang dingin. Gunanya untuk mencegah kelembapan yang berasal dari tanah. Gunakan bangku pengganjal dan karung ransum yang disusun sedemikian rupa sehingga memudahkan pengambilan.
  • Tempat penyimpanan harus dijaga dari binatang perusak terutama tikus. Untuk itu, tempat harus bersih dan dinding tidak berlubang.

Tempat Pakan Dan Minum

Peralatan pakan dan minum cukup bervariasi, sehingga peternak harus menyesuaikan dengan kondisi ayam pelung dan sistem pemeliharaannya.

Tempat Pakan

Bahan tempat pakan sangat beragam di antaranya plastik, pipa pralon, seng, dan almunium. Bentuk dan ukurannya pun bervariasi, terlebih bila peternak membuat sendiri. Tempat pakan yang umum digunakan adalah :
  • Tempat pakan gantung atau otomat : Tempat pakan ini terbuat dari bahan seng atau plastik berbentuk bulat dan dalam. Ukurannya dapat disesuaikan dengan kondisi peternakan. Pemakaian tempat pakan ini harus digantung, sehingga cocok untuk kandang yang luas
  • Tempat pakan bentuk kotak : Dibuat dari bahan tripleks, seng, alumunium, dan lain-lain. Bentuknya kotak memanjang dengan ukuran yang variasi. Penempatannya di dalam kandang.
  • Tempat pakan bentuk silinder : Tempat pakan jenis ini terbuat dari belahan bambu atau pipa paralon besar. Bentuk ini biasanya ditempatkan di luar kandang, sehingga panjangnya disesuaikan dengan panjang kandang. Namun, bisa juga ditempatkan di dalam kandang dengan diberi kaki dan penghalang agar tidak terinjak-injak.

Tempat minum

Bahan yang digunakan untuk tempat minum sebaiknya dipilih yang tidak mempengaruhi sifat air di dalamnya. Karena peternak tidak hanya memberikan air putih. Seringkali peternak menambahkan larutan tertentu yang bertujuan untuk memperkuat tubuh atau sebagai obat. Bentuk tempat minum tidak banyak macamnya, beberapa di antaranya :
  • Tempat minum gantung : Penempatan tempat minum ini memang dengan menggantungkannya di dalam kandang. Kecuali bila diletakkan di dalam kandang anakan. Di dalam kandang anakan cukup diletakkan di lantai agar terjangkau oleh anakan. Tempat minum ini biasanya terbuat dari bahan plastik. Sedang ukurannya sangat beragam mulai dari setengah liter hingga 5 liter.
  • Tempat minum bentuk silinder : Seperti tempat pakan, tempat minum juga dapat dibuat dari belahan bambu atau belahan pipa peralon. Dan penempatannya pun di luar kandang. Begitu pula ukurannya dapat disesuaikan dengan panjang kandang.
Referensi : Search Google
Axact

KAOS DAKWAH

KAOS DAKWAH adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Dakwah sampai bagaimana cara menjual Kaos Dakwah Online maupun offline, Silakan cari artikel di blog ini..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini.

Post A Comment:

0 comments: