Ternak Ayam ~ Bagi anda pecinta ayam yang sangat mencintai ayam anda, apalagi ayam anda itu sudah bisa menghasilkan uang buat anda, tentunya anda akan merasa sedih jika salah satu ayam anda terkena penyakit yang mematikan hehehehe…. Oh iya kebetulan kali ini saya lagi lenggang nggak ada kerjaan dari pada melamun nih saya berikan cara mencegah penyakit pada ayam kampung special buat anda.

Menjaga Kebersihan Kandang

Hal yang paling utama ialah rajin-rajinlah membersihkan rumah ayam ini dan merawatnya, seperti member abu atau bahan lain yang dapat menyerap kotoran ayam. Apalagi pada saat musim hujan cara ini sangat baik untuk menjaga kesehatan ayam anda agar tidak mudah terserang berbagai penyakit. Dan didalam kandang, usahakan udara bebas keluar dan masuk agar menjaga sirkulasinya.

Ganti Air Minum Ayam

Seharusnya air minum ayam anda terlihat bersih dan jauh dari kotoran, dan jangan lupa berilah vitamin atau obat pada minuman ayam itu. Gantilah minuman ayam anda jika sudah terlihat kotor.

Pisahkan Ayam Sakit

Ini dia yang harus anda terus perhatikan secara seksama, apalagi pada saat musim hujan ayam-ayam anda mudah terserang penyakit, segeralah memisahkan ayam-ayam itu agar tidak terjangkit pada ayam yang sehat dan bugar. Dan jika ada ayam yang mati segeralah menguburnya dalam-dalam atau bisa juga dengan cara membakarnya.

Berikan Makanan Yang Bergizi

Ini sama dengan cara memberi minuman pada ayam, tentunya hal yang harus anda perhatikan seberapa besar gizi makanan yang anda berikan pada ayam itu. Berilah makanan seperti dedak, beras merah, jagung giling atau pellet. Oh iya ada baiknya juga anda member ayam anda obat cacing.

Lakukan Vaksinasi Pada Ayam

Vaksin ND merupakan vaksin penting yang harus dimasukan ke dalam tubuh ayam untuk meningkatkan imunitas atau daya kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit virus ND. Beberapa vaksin lain telah dianjurkan untuk diaplikasikan untuk menangkal beberapa penyakit menular lainnya.

Sekian dulu cara singkat ini mengenai cara mencegah penyakit pada ayam kampung anda. Ada baik mencegah dari pada mengobati. Trims semoga bermanfaat !!!

 Baca selengkapnya tentang Gambar Kandang Ayam atau ada yang ingin membuat Kandang Ayam

Referensi : Search Google
Axact

KAOS DAKWAH

KAOS DAKWAH adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Dakwah sampai bagaimana cara menjual Kaos Dakwah Online maupun offline, Silakan cari artikel di GHIRAH.COM..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini, Jika antum PRODUSEN KAOS DAKWAH ATAU DISTRO MAU KERJASAMA SILAKAN KONTAK NO TLP YANG ADA DI WEB GHIRAH.COM

Post A Comment:

0 comments: