Ternak Ayam ~ Ayam Bangkok terkenal sebagai ayam aduan yang sering dipakai untuk para tukang sabung ayam. Ayam ini juga terkenal dengan kegigihan dalam bertarung. Dalam memelihara ayam Bangkok ada beberapa hal yang harus diperhatikan, terutama makanan yang harus anda berikan untuk dikonsumsi oleh ayam tersebut. Karena itu, pengetahuan tentang pakan/makanan mutlak diketahui oleh para pemelihara ayam Bangkok. Sebaiknya pengetahuan akan hal ini didapat sebelum para pemelihara langsung memelihara ayam bangkok.

Pakan Pelet

Pakan pelet merupakan bahan pakan yang digiling kemudian dipadatkan. Keuntungan dari bentuk pakan ini adalah sangat disukai ayam, karena meningkatkan selera makan. Di samping, dapat menekan tingkat pemborosan pakan. Karena itu, efisiensi pakan pelet jauh lebih tinggi dibandingkan dengan pakan tepung.

Pakan Tepung

Pakan tepung adalah pakan yang didapat dari hasil penggilingan tanpa dipadatkan. Saat diberikan kepada ayam, nantinya, pakan ini dicampur dengan bahan pakan lainnya sehingga menjadi homogen. Pada umumnya, ayam yang diberi makan dengan pakan tepung adalah ayam berumur kurang dari seminggu. Lebih dari itu biasanya menggunakan pakan remah atau pelet. Keuntungan pakan tepung adalah harganya yang murah. Sementara kerugiannya adalah pakan mudah dikais oleh ayam dan pencampuran yang tidak merata sehingga ada pemisahan bahan yang menyebabkan ketidakseimbangan nutrisi yang akan dikonsumsi oleh ayam.

Pakan Remah

Pakan remah pada umumnya didapat dengan cara memecah pakan pelet menjadi butiran-butiran kecil (remah). Peternak biasa memberikan pakan ini untuk ayam umur 2 minggu sampai panen.

Pakan Jagung

Jenis pakan ini diberikan kepada ayam pukul, mempunyai pertumbuhan jalu lambat maupun lepek (tidak tumbuh jalu) mempunyai kandungan karbohidrat yang tertinggi diantara beras merah dan gabah, kandungan fosfor dan kalsium berpengaruh baik terhadap pertumbuhan tulang. Tulangan ayam Bangkok menjadi kuat dan besar. Karbohidrat menjadikan ayam mempunyai tenaga yang besar dan pukulan keras. Cara penggunaan jagung adalah direndam dulu sebelum diberikan agar menjadi lebih lunak.

Pakan Gabah

Pakan jenis ini menjadikan tubuh ayam bangkok menjadi ringan dan kesat, mirip dangan beras merah, hanya saja gabah mempunyai kandungan vitamin yang lebih kompleks, kalsium yang tinggi dan ekonomis, memperkuat bulu sehingga tidak mudah rontok bulunya. Gabah sangat sesuai dengan ayam tipe jalu yang memerlukan kelincahan terbang untuk menyerang cepat. Pemberian gabah hendaknya direndam air dulu dan gabah yang mengapung dipisahkan.

Pakan Beras Merah

Jenis Pakan ini diberikan setelah ayam bangkok dewasa yaitu setelah pertumbuhan bulunya selesai, beras merah mempunyai kadar protein yang tinggi, mengandung rendah lemak, dan mudah dicerna. Ayam yang diberikan beras merah akan menjadi kekar dan padat, hanya bobot ayam menjadi berat namun sesuai dengan ayam yang mempunyai dasar pukulan yang keras. Cocok diberikan pada ayam yang tipe jalu sehingga pertumbuhan jalu menjadi cepat. Ayam jalu yang baik mempunyai tipikal harus cepat memyelesaikan pertarungan.
Baca selengkapnya tentang Gambar Kandang Ayam atau ada yang ingin membuat Kandang Ayam
Referensi : Berbagai Sumber
Axact

KAOS DAKWAH

KAOS DAKWAH adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Dakwah sampai bagaimana cara menjual Kaos Dakwah Online maupun offline, Silakan cari artikel di blog ini..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini.

Post A Comment:

0 comments: