Ternak Ayam ~ Sebelum memilih calon induk, periksa dahulu silsilah atau keturunannya. Usahakan memperoleh calon induk dari keturunan yang sehat dan tdak cacat. Selama hidupnya, calon induk belum pernah sakit dan bulu-bulunya tidak rontok, baik sebagian maupun seluruhnya. Pilih juga calon induk yang pertumbuhan badannya prima dan produksi telurnya tinggi. Sebaiknya calon induk ini berasal dari peternak yang memelihara ayam kampung secara intensif, supaya mutu calon induk dapat dipertanggungjawabkan. Calon induk yang baik memiliki beberapa ciri khas sebagai berikut.
  • Tingkah Lakunya agresif
  • Geraknya kuat dan tangkas
  • Tidak takut jika didekati
  • Suaranya ramai jika didekati atau ketika diberi makan
  • Nafsu makan besar
  • Aktif sepanjang hari
Seleksi calon induk bisa dilakukan dengan cara memilih ayam yang ukuran badannya seragam dan perbedaam umurnya tidak terlalu jauh. Umur calon induk betina maksimum 1 tahun dan minimum 6 bulan. Sementara calon induk jantan sebaiknya dipilih yang berumur antara 1 hingga 1,5 tahun. Sebagai patokan, untuk memilih calon induk perhatikan tanda-tanda fisik sebagai berikut.

Bentuk Tubuh

Bentuk tubuh yang ideal yakni agak panjang dan lebar, terutama di bagian belakang. Punggungnya panjang, lurus, dan lebar. Bentuk dada lebar dan cembung. Tubuh bagian bawah di antara kedua kaki harus tampak padat. Kondisi tubuh yang prima menandakan organ-organ yang ada di dalam tubuh berfungsi normal.

Tulang

Kondisi tulang harus kuat dan normal. Tulang kaki tidak berbentuk huruf O atau X. Bentuk tulang yang tidak normal akan menyulitkan ayam dalam melakukan perkawinan.

Otot

Otot calon induk yang baik harus padat, berisi, dan tidak berlemak. Kondisi otot bisa digunakan sebagai tolok ukur untuk menilai baik buruknya kondisi tubuh dan kondisi kesehatan ayam kampung. Rabalah bagian tulang dada dan tulang paha untuk mengetahui kondisi ototnya.

Kulit

Tanda-tanda kulit yang baik terasa lembut saat diraba, agak basah, dan tidak ada bagian yang rusak atau cacat. Warna kulitnya tampak segar dan agak mengkilap.

Bulu

Ciri-ciri bulu ayam yang bagus letaknya teratur seolah tidak ada ruang kosong di antara bulu-bulu. Warna bulu sesuai dengan jenis ayam, serta mengkilap dan bercahaya. Semakin mengkilap warna bulu, biasanya kondisi ayam tersebut kuat dan sehat.

Suhu Badan

Pada kondisi normal suhu badan ayam kampung berkisar 41-42' C.

Berat Badan

Sebagai calon induk, berat badan ideal ayam jantan dan betina berkisar 1 hingga 1,5 kg.

Kepala

Bentuk kepala yang ideal adalah bulat panjang dan tidak terlalu gepeng. Jenggernya kokh, tidak tipis, ukurannya proporsional, bila diraba terasa hangat dan lentur. Warna jengger merah menyala dan agak mengkilap. Gelang kuping dan daun telinga berbentuk bulat. Paruh pendek, agak lebar, kuat dan tajam.

Mata

Mata berbentuk bulat, sedikit melotot dan pandangannya tajam. Gelang mata segar dan berwarna kuning kemerah-merahan. Selaput lendir mata licin, mengkilap, dan selalu basah. Selaput bening mata jernih dan kering.

Leher

Usahakan ukuran leher tidak terlalu panjang ataupun pendek.

Dada

Bentuk dada montok, agak ke depan, lebar, dan kuat. Leher dan dada harus merupakan satu kesatuan yang kuat. Tembolok penuh, regang, dan tidak terlalu keras.

Sayap

Bentuk sayap sebaiknya tidak menggantung, tidak lemah, dan harus menghimpit tepat di tubuh ayam.

Anus

Anusnya lebar, bulat dan basah. Kulit disekitar anus sebaiknya tidak berkerut. Warnanya putih dan bersih, artinya tidak ada sisa kotoran yang menempel. Bulu di sekitar anus juga harus bersih.

Kaki

Kondisi kaki harus kokoh dan kuat dengan bentuk yang proporsional. Jari-jarinya menghampar dengan bentuk kuku sedang atau bengkok. Taji tidak terlalu panjang tapi harus kuat. Sisik kaki licin dan mengkilap dengan susunan menghimpit rata dan teratur.

Ekor

Bulu pangkal sampai ujung tidak pertumbuhannya sempurna.

 Baca selengkapnya tentang Gambar Kandang Ayam atau ada yang ingin membuat Kandang Ayam

Sumber : Ayam Kampung Pedaging oleh Ir. Hadi Iswanto
Axact

KAOS DISTRO

KAOS DISTRO adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Distro sampai bagaimana cara menjual Kaos Distro Online maupun offline, Silakan cari arti www.kaosdistro.web.id..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini, Jika antum PRODUSEN KAOS DISTRO MAU KERJASAMA SILAKAN KONTAK NO TLP YANG ADA DI WWW.KAOSDISTRO.WEB.ID

Post A Comment:

0 comments: