Ternak Ayam ~ Ada dua tipe penyakit mareks, yaitu klasik dan akut. Mareks tipe klasik menyerang susunan syaraf tepi. Gejalanya berupa kelumpuhan pada kaki, sayap, saluran pernafasan, dan leher. Jika tidak segera ditangani, kematian dapat terjadi dalam beberapa hari atau beberapa minggu setelah gejala muncul. Namun, angka kematian yang sebabkan penyakit ini relatif rendah.


Berbeda dengan tipe klasik, angka kematian pada tipe akut lebih tinggi. Ayam yang terserang tipe akut bisa mati mendadak tanpa diawali gejala sakit sebelumnya. Bagian yang terserang terutama organ bagian dalam, seperti hati, paru-paru, jantung, dan ginjal. Serangan pada alat reproduksi ditandai dengan tumbuhnya benjolan atau tumor.
Baca selengkapnya tentang Gambar Kandang Ayam atau ada yang ingin membuat Kandang Ayam

Penularan penyakit ini melalui kontak langsung atau tidak langsung. Kontak langsung terjadi bila sisik kulit atau epitel yang mengandung virus termakan ayam sehat. Sementara itu, kontak tidak langsung terjadi bila sisik kulit yang mengandung virus tercampur makanan, minuman, atau tinja.

Sampai saat ini belum ada obat yang dapat menyembuhkan ayam yang terserang penyakit mareks. Jika ditemukan ayam yang terserang penyakit mareks, segera musnahkan supaya tidak menjadi sumber penyakit bagi ayam lain. Pencegahannya bisa dilakukan dengan vaksinasi anti mareks pada DOC dan menyucihamakan kandang atau membersihkan kandang.

Gejala Ayam Yang Terserang Mareks

  • Kelumpuhan pada satu atau dua kaki atau sayap.
  • Ayam mengalami dehidrasi (kehilangan cairan tubuh) sehingga ayam menjadi kurus kering. 
  • Proventrikulus mengalami tumor, limpa, hati dan ginjal membesar.
  • Kepala ayam bisa menggantung dan meluntir. 
  • Tembolok melebar dan sulit bernafas.
  • Pucat.
  • Berat badan turun.
  • Tidak punya nafsu makan dan diare.
Referensi :
http://indextrondosoul-farm.blogspot.com/2013/03/penyakit-marek-pada-ayam-dan.html
Axact

KAOS DAKWAH

KAOS DAKWAH adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Dakwah sampai bagaimana cara menjual Kaos Dakwah Online maupun offline, Silakan cari artikel di blog ini..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini.

Post A Comment:

0 comments: