Ternak Ayam ~ Batuk atau Infectiosa bronchitis yang terjadi pada ayam disebabkan oleh virus Bronchitis itu sendiri. Sementara cara penularannya melalui kandang yang berdebu, udara dari luar kandang yang kotor, peralatan kandang tidak pernah dibersihkan, lewat ayam tetangga, tamu yang mendekati kandang, lalat, tikus, serta burung gereja.

 Baca selengkapnya tentang Gambar Kandang Ayam atau ada yang ingin membuat Kandang Ayam

Pencegahan Batuk Pada Ayam

  • Ayam yang masih kelihatan sehat segera dipindah ke kandang baru yang bersih dan telah disemprot jodophor.
  • Ayam yang menderita sakt disingkirkan ke kandang isolasi.
  • Kandang lama dicuci kemudian dijemur pada panas matahari dan setelah kering disemprot cetamium.

Pengobatan Batuk Pada Ayam

Sebagai tindak awal dapat diberikan coridrol, vita chloricol, coryl SP, erynosil kapsul, tetra strep plus atau liquacycline 50.

Pengobatan Alami Batuk Pada Ayam

  • Buah jeruk nipis, cara menggunakannya jeruk tersebut diambil airnya kemudian dicampur dengan kecap dengan perbandingan 2:1 (2 untuk jeruk nipis 1 untuk kecap) Obat ini diberikan satu hari sekali sampai ayam sembuh. Obat ini berguna untuk mengurangi lendir pada ayam.
  • Buah kudu, cara memberikannya bisa dengan langsung di lolohkan ke mulut ayam. Namun sebelumnya buah kudu tersebut diiris seukuran mulut ayam.
  • Belimbing Wuluh yang masih hijau dan belum matang, cara memberikannya diambil airnya lalu diminumkan pada ayam dipagi hari sampi sembuh. Namun sebelumnya ayam diberi makan terlebih dahulu.
Referensi : Berbagai Sumber.
Axact

KAOS DAKWAH

KAOS DAKWAH adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Dakwah sampai bagaimana cara menjual Kaos Dakwah Online maupun offline, Silakan cari artikel di GHIRAH.COM..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini, Jika antum PRODUSEN KAOS DAKWAH ATAU DISTRO MAU KERJASAMA SILAKAN KONTAK NO TLP YANG ADA DI WEB GHIRAH.COM

Post A Comment:

0 comments: