GAMBAR KANDANG AYAM : Ternak Ayam ~ Terdapat beberapa pedoman dalam pemilihan DOC atau anak ayam, di antaranya sebagai berikut.


Pilih anak ayam yang berasal dari induk yang sehat agar tidak membawa penyakit bawaa. Apabila baru tiga hari anak ayam sudah banyak yang mati, sementara tidak ada hal-hal lain yang patut dicurigai sebagai penyebab kematiannya, bisa jadi penyebabnya berasal dari induknya yang tidak beres. Jika kematian anak ayam disebabkan karena penyakit bawaah dari induk ayam, pembibit yang besar dan bertanggung jawab biasanya akan mengganti anak ayam yang mati tersebut.

Pilih anak ayam berdasarkan ukuran atau bobot yang baik. Apabila ukuran atau bobot anak ayam relatif kecil, kemungkinan dipengaruhi oleh telur tetas ayam tersebut. Telur tetas yang besar biasanya akan menghasilkan anak ayam yang besar, begitu pula sebaliknya. Umumnya, pembibit yang baik selalu menyeleksi telur tetas yang akan ditetaskan pada bobot rata-rata, tidak terlalu kecil dan tidak terlalu berat. Bahkan, ketika ayam keluar dari mesin tetas harus diseleksi dengan ketat.

Pilih anak ayam yang kondisi matanya cerah atau bercahaya, aktif, serta tampak tegar. Kecerahan mata inilah yang paling mudah untuk mendeteksi kondisi bangsa unggas. Unggas yang sehat dan baik akan memperlihatkan mata yang cerah dan bercahaya.

 Baca selengkapnya tentang Gambar Kandang Ayam atau ada yang ingin membuat Kandang Ayam

Pilih anak ayam yang tidak cacat secara fisik, misalnya kaki bengkok, mata buta, atau kelainan fisik lainnya yang mudah dilihat. Anak ayam yang normal biasanya memiliki bulu yang halus dan kering. Tidak ada lekatan tinja di duburnya.

Anak ayam yang akan dipelihara sebagai ayam pedaging idealnya memang sesuai dengan kriteria pedoman-pedoman tersebut, tetapi pada praktiknya, anak ayam yang dibeli biasanya telah dikemas dalam boks yang diikat kuat sehingga sulit untuk dipilih. Namun, umumnya pembibit yang baik akan menjual anak ayam yang baik pula dan sudah dalam kondisi di vaksin. Sering kali kematian anak ayam dalam boks terjadi akibat kelelahan dalam perjalanan, pengemasan yang kurang baik, atau cara pengiriman yang tidak baik.

Hal penting lainnya mengenai ayam broiler adalah harga anak ayam. Harga inilah yang pada akhirnya menentukan bibit yang dipilih. Umumnya harga anak ayam broiler relatif sama. Hal yang membedakannya hanya pada cara pembayarannya. Pembibit terkadang ada yang mengharuskan membayar segera atau boleh ditunda.

Cara membayar tunda itu memang memungkinkan karena anak ayam broiler ini hanya dipelihara dalam waktu 5 sampai 6 minggu saja. Dari sini, tiba saatnya peternak mempersiapkan peternakan dan merancang sistem produksinya, termasuk di dalamnya merancang peternakan dan menentukan lokasi yang tepat. Apabila salah menentukan hal-hal tersebut, bukan tidak mungkin akan menyebabkan kerugian bagi peternak.

Oleh Dr. Ir. Muhammad Rasyaf

Axact

KAOS DISTRO

KAOS DISTRO adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Distro sampai bagaimana cara menjual Kaos Distro Online maupun offline, Silakan cari arti www.kaosdistro.web.id..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini, Jika antum PRODUSEN KAOS DISTRO MAU KERJASAMA SILAKAN KONTAK NO TLP YANG ADA DI WWW.KAOSDISTRO.WEB.ID

Post A Comment:

0 comments: