Ternak Ayam ~ Ayam kampung betina terpilih, termasuk ayam jenis lainnya yang akan dijadkan calon penerima donor sperma ayam hutan harus dipelihara secara baik agar telur yang dihasilkan mempunyai fertilitas yang tinggi. Kesehatan ayam kampung hasil ternak sendiri atau hasil pembesaran di kandang sendiri harus selalu dipantau setiap hari. Bila memakai ayam yang diperoleh dari luar harus melalui penyaringan (screening) yang ketat sebagai berikut.

Karantina (Isolasi)

Pada hari pertama, ayam kampung terpilih yang didapatkan harus dikarantina atau diisolir terpisah jauh dari sangkar/kandang ayam sehat lainnya. Ayam jangan diberi makan sampai esok harinya, berilah air minum yang mengandung vitamin dan antibiotik (obat stress). Untuk ayam kampung yang tetap padat temboloknya sebelum diberi makan pagi, berarti ayam ini kurang sehat. Lakukanlah langkah-langkah sebagai berikut :
  • Jangan diberi makan lagi, pemberian minum dapat dilanjutkan.
  • Berilah buah pepaya (kates) atau obat cuci tembolok.
  • Jika pada hari ketiga dan seterusnya masih padat temboloknya dan kondisinya menurun drastis, keluarkan dan coret ayam tersebut dari daftar ayam kampung terpilih.

Obat Cacing

Ayam kampung yang kosong temboloknya pada hari kedua dan tidak memperlihatkan tanda-tanda sakit, maka bisa langsung diberi makan. Ayam kampung tersebut berarti sehat, maka pada hari ke-4 atau ke-5 bisa diberi obat cacing berupa kapsul atau lewat air minum.

Vaksinasi NCD

Setelah diberi obat cacing, biasanya akan nampak lebih sehat dan bergairah. Pada hari ke-7 atau ke-8, ayam divaksinasi dengan vaksin NCD inaktif atau aktif lewat suntikan atau air minum. Ayam kampung yang jumlahnya hanya beberapa ekor akan lebih effesien jika menggunakan vaksin NCD inaktif lewat suntikan. Vaksin ini ada yang dikemas untuk 20 dosis dan ada vaksin NCD lainnya yang rata-rata untuk 100 dosis ke atas.

Tes Peneluran

Ayam kampung yang dipelihara dari dara atau hasil ternak sendiri biasanya mempunyai daya tetas dan produksi telur yang cukup tinggi. Ayam kampung akan bertelur sekitar 12-15 butir atau bahkan lebih banyak. Kemudian, ayam tersebut akan menunjukkan gejala-gejala mengeram dengan mengeluarkan bunyi khas kruuk-kruuk-kruuk. Ayam yang telah diketahui kemampuan penelurannya tidak perlu dilakukan tes peneluran. Akan tetapi, ayam kampung yang didapat dari luar perlu dibuktikan kualitas telur dan jumlah telur yang dihasilkan.

Ayam Kampung Terpilih

Ayam kampung betina yang akan dipilih bisa ditempatkan dalam kandang sistem postal, ren atau kombinasi keduanya. Dalam kandang postal yang beralaskan pasir, kulit padi, serbuk gergajian, atau bahan lainnya agar ayam kampung betina bisa hidup lebih bebas.

Makanan Ayam Kampung

Makanan ayam kampung banyak sekali macamnya dan tiap peternak dapat menyusun makanan ayam menurut resep dan disesuaikan dengan bahan-bahan yang mudah di dapat di sekitarnya. Tiap orang mempunyai susunan makanan ayam kampung dan juga ayam hutan yang tentunya satu sama lainnya tentu bahan-bahan dan campuran yang digunakan berbeda. Makanan ayam dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu bentuk biji-bijian dan bentuk tepung.

Makanan Ayam Pada Waktu Bulu Rontok

Kerontokan bulu pada ayam kampung atau ayam hutan bukan suatu penyakit dalam arti yang sebenarnya. Tetapi, ayam sedang rontok bulunya tidak dapat dikatakan sehat. Ayam yang rontok bulunya akan mengalami penurunan produksi telurnya atau berhenti sama sekali. Sedangkan rontok bulu pada ayam hutan dapat menyebabkan tidak tahan terhadap serangan penyakit. Kerontokan bulu ayam disebabkan pengaruh hormon yang dihasilkan oleh kelenjar-kelenjar hypopisi, kelenjar gondok, dan indung telur. Kerontokkan bulu bisa juga disebabkan oleh makanan, pergantian musim, dan penyakit ayam. Oleh karena itu, ayam yang sedang rontok bulunya harus diberi makan yang banyak mengandung protein (zat putih telur) dan mudah dicerna. Makanan yang diberikan tidak boleh banyak mengandung lemak karena dapat mengakibatkan ayam menjadi gemuk.

Minuman Ayam Kampung

Ayam kampung terpilih dalam kandang batery dapat diberi air biasa yang bersih atau air yang telah dimasak. Pemberian air minum dapat tidak perlu dijatah, tetapi selalu disediakan sepanjang hari. Pada pagi hari air minum harus diganti dengan air yang baru dan tempat minum dicuci bersih. air minum yang telah bercampur dengan sisa makanan atau kotoran ayam dapat menjadi sumber penyakit. Dalam keadaan tertentu, misalnya perubahan iklim, hujan lebat, banyak angin, vaksinasi, kerontokkan bulu dan sebagainya, ayam kampung perlu diberi air minum yang bercampur dengan vitamin dan antibiotik. Pemberian vitamin dan antibiotik ini tidak boleh dilakukan terus-menerus karena dapat mengakibatkan ayam menjadi imum sehingga kalau sulit diobati.

 Baca selengkapnya tentang Gambar Kandang Ayam atau ada yang ingin membuat Kandang Ayam

Referensi : Search Google

0 comments so far,add yours