Ternak Ayam ~ Merawat ayam Bangkok memang bukan hal biasa lagi jika anda seorang yang gemar memelihara ayam Bangkok, apalagi ayam Bangkok tersebut digunakan untuk ayam aduan anda. Mulai dari segi perawatan kelas tinggi hingga yang biasa-biasa saja, sampai-sampai saja anda mungkin lupa makan dan terus merawat ayam anda itu. Perawatan ayam Bangkok dilakukan sejak masa peranakan, pemberian pakan, vitamin, dan kalsium agar kualitas ayam Bangkok yang didapatkan terjamin. Berikut Cara Merawat Ayam Bangkok seperti saya kutip melalui ayam-bangkok-com.blogspot.com


Langkah Pertama

Indukannya harus setidaknya satu tingkat dibawah ukuran 7 hingga 8. Untuk mendapatkan ukuran 8, indukannya harus minimal berukuran 7 dan untuk mendapatkan ukuran 7 maka indukannya minimal 6. Artinya dengan cara merawat ayam bangkok intensif umumnya diperoleh ukuran turunan ayam bangkok satu tingkat lebih besar dari indukannya (pacek).

Langkah Kedua

Harus mencuri start semasa anak ayam masih kecil. Semasa kecil umur 0 hingga 3 minggu pertumbuhan ayam harus dimaksimalkan atau digenjot. Perawatan ayam bangkok usia dini harus intensif agar cepat besar (mencuri start) dan tidak boleh sakit. Jika ayam kecil sakit, walaupun sudah sembuh diobati, tetap saja diperlukan waktu satu minggu masa pemulihan. Masa sakit dan masa pemulihan akan mengurangi jatah masa pertumbuhan ayam yang umumnya terbatas hingga 5,5 bulan.

Langkah Ketiga

Teruskan pemberian pakan pur murni dan vitamin setidaknya sampai umur 2 bulan atau bulu ayam di punggung dan lehe mulai rontok dan bulu rawis pejantan mulai muncul. Jika ingin berhemat, setelah umur dua bulan pur boleh dicampu dengan dedak katul 4:1 (basah). Atau membuatnya sendiri pakan bergizi.

Langkah Keempat

Tunjang pertumbuhan ayam melalui pertumbuhan tulang. Perawatan ayam bangkok tidak hanya membesarkan daging dan badannya saja, karena badan yang besar oleh daging akan menyusut kembali saat memasuki masa latihan. Caranya dengan memberikan bahan makanan (pakan) berkalsium tinggi atau langsung dngan pemberian calk (kalsium).

Langkah Kelima

Mengatur keseimbangan antara meningkatkan nafsu makan, memberikan pakan bergizi (protein tinggi) dan menjaga makan tidak terbuang percuma. Nafsu makan ayam harus ditingkatkan terus menerus sampai besar, caranya dengan pemberian vitamin.

Langkah Keenam
Baca selengkapnya tentang Gambar Kandang Ayam atau ada yang ingin membuat Kandang Ayam
Makanan harus dijaga agar tidak terbuang percuma. Caranya, potong dan buang sebagian bulu ayam. Bulu ayam yang banyak akan menyedot makanan, sehingga berkurang jatah untuk badan dan tulang. Ayam berusia 3 minggu, ujung sayapnya di potong agar tidak tumbuh panjang. Jika ekor sudah tampak panjang juga dipotong pendek. Ayam yang berusia 2 bulan atau sejak bulu punggung dan leher rontok, maka bulu punggungnya dicabut semua, termasuk sebagian leher dan sebagian pangkal paha dan bahu. Pembuangan sebagian bulu ayam juga untuk mempertebal kulit-kulit dibagian yang dicabut tersebut sehingga lebih tebal dan kebal.
Axact

KAOS DISTRO

KAOS DISTRO adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Distro sampai bagaimana cara menjual Kaos Distro Online maupun offline, Silakan cari arti www.kaosdistro.web.id..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini, Jika antum PRODUSEN KAOS DISTRO MAU KERJASAMA SILAKAN KONTAK NO TLP YANG ADA DI WWW.KAOSDISTRO.WEB.ID

Post A Comment:

0 comments: