Ternak Ayam ~ Ayam ini mempunyai ciri khas dengan suaranya yang merdu (kokokan) dan biasa digunakan untuk ajang pertarungan atau kontes ayam bersuara merdu. Menurut sejarah, ayam ini sudah ada sejak abad ke-18 dan banyak orang yang mengatakan bahwa ayam ini berasal dari jenis ayam kampung tersendiri, Raden Haji Djarkasih-lah yang berhasil menemukan ayam ini berkat dari ketekunannya memelihara ayam sehingga memperoleh bibit yang unggul. Jika anda seorang pemelihara ayam pelung dan sering mengikuti kontes ayam pelung, ada beberapa jenis makanan yang baik untuk diberikan pada ayam anda itu. Berikut makanan sehat untuk ayam pelung yang saya kutip dari ternakayampelung.com

Gabah


Gabah merupakan bulir padi yang belum digiling, atau beras sekaligus kulitnya. Pemberian gabah akan menjadikan tubuh ayam menjadi ringan dan kesat mirip dangan beras merah. Gabah mempunyai kandungan vitamin yg lebih komplek ,kalsium yang tinggi dan dan harganya lebih murah. Pemberian gabah akan memperkuat bulu ayam jago sehingga tidak mudah rontok . Gabah biasanya bercampur dengan bulir yang tidak ada isinya, karena itu pemberian gabah hendaknya direndam air terlebih dahulu, yang mengapung dipisahkan dan dibuang karena tidak ada isinya.

Beras Merah


Beras merah biasa diberikan untuk ayam pelung yang sudah mulai dewasa atau setelah masa pertumbuhan bulunya selesai . Kandungan nutrisi yang ada pada beras merah memiliki kadar protein yang tinggi, kandungan lemak yang rendah dan memiliki karakteristik mudah dicerna oleh ayam. Efek dari pemberian beras merah pada ayam badan menjadi kekar dan padat., selain itu tidak merusak pita suara pada ayam pelung.

Kacang Hijau


Kacang hijau memiliki kandungan fosfor dan kalsium yang cukup besar sehingga sangat bermanfaat dalam pertumbuhan ayam dan memperkuat tulang. Kandungan protein kacang hijau juga sangat tinggi yaitu sekitar 24%. Kandungan lemak tak jenuh dalam kacang hijau aman untuk di konsumsi dan bermanfaat bagi kesehatan jantung. Manfaat lain dari kacang hijau adalah membantu penyerapan protein, mencegah kanker, beri-beri, hingga meningkatkan kinerja syaraf. Hal ini karena dalam kacang hijau memiliki kandungan vitamin B1 dan vitamin B2 yang cukup. Pemberian kacang ijo kepada ayam bisa dilakukan dalam bentuk butiran atau setelah menjadi kecambah. Pemberian kecambah sering juga diberikan kepada ayam babon pelung untuk meningkatkan produksi dan kualitas telur.

Jagung


Jagung memiliki kandungan karbohidrat yangg paling tinggi diantara beras merah dan gabah. Selain itu jagung juga memiliki kandungan fosfor dan kalsium yang besar, sehingga sangat baik terhadap pertumbuhan tulang ayam. Pemberian jagung akan menjadikan pertulangan ayam menjadi kuat , selain itu ayam akan mempunyai tenaga yang besar.

 Baca selengkapnya tentang Gambar Kandang Ayam atau ada yang ingin membuat Kandang Ayam

0 comments so far,add yours