Ternak Ayam ~ Ayam kampung merupakan ayam yang sering dipelihara oleh banyak orang baik itu di pedesaan maupun di perkotaan. Mungkin karena pemeliharaannya yang tidak memerlukan modal atau anggaran yang besar dan terbilang mudah dipelihara. Dengan cukup hanya mengumbarnya di halaman pekarangan rumah, ayam kampung bisa berkembang biak dengan baik. 


Tetapi ada banyak hal yang mesti anda perhatikan dalam memelihara ayam kampung tersebut. Dan hal yang paling menonjol dalam mengembang biakkan ayam kampung ialah ketersediaannya bahan pakan atau makanan yang baik untuk ayam-ayam kampung itu, seperti kualitas dan kuantitas makanan ayam tersebut. Seperti dikutip dari halaman ayamkampungpro.blogspot.com, ada 4 jenis makanan ayam kampung yang biasa digunakan atau sangat baik untuk ayam-ayam kampung anda. Berikut makanan ayam kampung tersebut :

Onggok


Onggok yang berasal dari limbahan olahan singkong menjadi tepung tapioka ini cukup banyak juga kandungan metabolismenya 2.956 kkal/kg. Namun, pemakaian maksimalnya dibatasi hanya 5-10% saja.

Jagung Kuning


Di Indonesia dikenal tiga jenis jagung, yakni jagung merah, jagung putih, dan jagung kuning. Tapi, jagung kuninglah yang memiliki kandungan nutrisi paling besar dibandingkan dua lainnya. Sementara itu, kandungan metabolismenya mencapai 3.360 kkal/kg. Sayangnya, harganya lumayan mahal (terlebih jika digunakan peternak ayam pemula). Karena itu, pemakaiannya dibatasi 20-40% saja dari total ransum, demi penghematan.

Dedak


Dedak yang berasal dari limbah olahan padi ini sangat cocok dijadikan bahan pakan (biasa disebut juga bekatul). Sebab, kandungan energi metabolismenya berkisar antara 700-2.500 kkal/kg dan kandungan seratnya 12%. Kandungan tersebut cukup tinggi sebagai bahan pakan. Berbeda dengan ayam ras yang pemakaiannya dibatasi antara 5-10%, bahan pakan ini bisa dipakai untuk ayam kampung maksimal 65%.

Pollard


Pollard yang merupakan limbah olahan gandum menjadi tepung terigu ini juga cocok dijadikan bahan pakan ayam kampung (biasa disebut dedak gandum). Namun, harap dicatat, penggunaannya mesti sangat dibatasi. Ya, meskipun kandungan energi metabolismenya berkisar antara 1.140-2.600 kkal/kg, tapi kandungan serat yang dimilikinya dapat membuat ayam mencret.

 Baca selengkapnya tentang Gambar Kandang Ayam atau ada yang ingin membuat Kandang Ayam
Axact

KAOS DISTRO

KAOS DISTRO adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Distro sampai bagaimana cara menjual Kaos Distro Online maupun offline, Silakan cari arti www.kaosdistro.web.id..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini, Jika antum PRODUSEN KAOS DISTRO MAU KERJASAMA SILAKAN KONTAK NO TLP YANG ADA DI WWW.KAOSDISTRO.WEB.ID

Post A Comment:

0 comments: