Ternak Ayam ~ Faktor utama yang perlu diperhatikan ketika memutuskan untuk beternak ayam kampung pedaging adalah lokasi peternakan. Seperti yang sering kita lihat, banyak lokasi peternakan ayam kampung yang letaknya berdekatan dengan rumah tinggal pemiliknya dengan rumah tinggal pemiliknya dengan alasan lebih mudah dalam pengontrolan. Namun, cara tersebut dipandang kurang tepat jika diterapkan pada peternakan ayam kampung intensif sebab akan menimbulkan masalah baru, seperti bau kotoran yang kurang sedap, suara berisik, bahkan ayam berkeliaran masuk ke dalam rumah.


Contohnya, seorang rekan memelihara ayam kampung sebanyak 6 ekor (satu ekor jantan dan lima ekor betina) di belakang rumah tinggalnya. Setelah beberapa bulan, ayam kampung tersebut beranak-pinak hingga mencapai seratus ekor lebih. Karena tidak ada perencanaan usaha, akhirnya sebagian ayam-ayam tersebut dijual dan dipotong untuk konsumsi sendiri. Belajar dari pengalaman rekan tersebut, sebaiknya tidak terulang lagi pada calon peternak yang akan merintis usaha beternak ayam kampung.

Penentuan lokasi peternakan adalah salah satu elemen perencanaan usaha yang harus disusun secara matang. Beberapa faktor yang perlu diperhatikan dalam memilih lokasi peternakan ayam kampung pedaging sebagai berikut.

Keamanan

Persoalan keamanan adalah faktor yang cukup penting untuk dipertimbangkan sebelum membuka usaha peternakan ayam kampung. Tidak mungkin membangun sebuah areal peternakan di lokasi yang sunyi dan jauh dari pengawasan. Kondisi lingkungan yang aman setidaknya bisa meyakinkan calon pemilik peternakan bahwa usaha yang akan dijalankan tidak akan menemui masalah, seperti pencurian, perampokan, atau penjarahan.

Sosial Ekonomi Masyarakat

Ada kecenderungan, kondisi sosial ekonomi masyarakat yang masih rendah bisa mendatangkan kerawanan sosial berupa tindakan kriminal. Untuk itu, hindari membangun peternakan ayam kampung di lokasi tersebut. Ada baiknya sebelum usaha dimulai dilakukan survei lapangan untuk memantau kondisi sosial ekonomi masyarakat.

Berdekatan Dengan Jalan

Lokasi yang berdekatan dengan jalan memberi beberapa keuntungan, antara lain mempermudah jalur transportasi dalam hal pembelian pakan, obat-obatan, sarana penunjang dan pemasaran hasil produksi.

Berdekatan Dengan Sumber Air

Kebutuhan air di areal peternakan ayam kampung mutlak diperlukan. Usahakan memperoleh areal yang berdekatan dengan sumber air yang tersedia sepanjang tahun. Namun, apabila lokasinya jauh dan sumber air, cari lahan yang mempunyai titik air terdangkal sehingga tidak terlalu susah untuk membuat sumur. Air dibutuhkan untuk mencampur adonan pakan ayam, untuk minum ayam, dan untuk memandikan ayam.

Dekat Dengan Daerah Penghasil Hijauan Dan Pertanaman

Hijauan adalah tanaman yang daunnya dimanfaatkan sebagai campuran pakan ayam supaya kebutuhan serat dan vitaminnya terpenuhi, contohnya daun singkong, daun pepaya, daun lamtoro, daun turi, dan rumput-rumputan.

Sementara itu, tanaman singkong, jagung, dan padi adalah bagian dari pakan ayam kampung, terutama yang sudah dewasa. Karena itu, dengan lokasi yang saling berdekatan diharapkan kebutuhan hijauan dan pakan ayam tidak terlalu sulit untuk didapat. Berdasarkan persyaratan tersebut di atas, dapat disimpulkan, lokasi yang representatif adalah daerah perkampungan atau pedesaan yang aman. Bukan tidak mungkin jika usaha peternakan ayam kampung yang digeluti berhasil jika semua persyaratan lokasi di atas dipenuhi. Walaupun begitu, pengelolaannya juga harus serius dan benar.

 Baca selengkapnya tentang Gambar Kandang Ayam atau ada yang ingin membuat Kandang Ayam

Sumber : Ayam Kampung Pedaging oleh Ir. Hadi Iswanto

0 comments so far,add yours