Ternak Ayam ~ Warna daging ayam pada umumnya putih. Serat dagingnya halus dan memanjang dengan konsistensi (tekstur daging) sedang. Di antara serat daging tidak terdapat lemak. Warna lemak putih kekuning-kuningan dengan konsistensi lembek. Beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas daging sebagai berikut :

Umur Hewan Ternak

Semakin tua umur ternak yang dipotong, kualitas dagingnya semakin rendah. Demikian juga bila ternak yang dipotong terlalu muda. Artinya, daging muda masih lembek dan umumnya berbau amis (anyir).

Makanan Yang Diberikan Sewaktu Diternak

Jenis pakan yang diberikan pada ayam akan mempengaruhi kualitas daging

Kandungan protein di dalam daging ayam cukup tinggi. Tubuh manusia memerlukan protein ini untuk pertumbuhan dan pengganti jaringan yang rusak. Untuk itu, dianjurkan supaya anak-anak (terutama anak-anak berusia di bawah enam tahun) diberi makanan yang berasal dari daging. Terutama untuk merangsang pertumbuhan mental dan fisik. Daging ayam yang terlihat seperti gumpalan padat itu sebenarnya terdiri dari serabut-serabut atau muscle fibers. Serabut-serabut ini akan bertambah besar sesuai dengan bertambahnya umur ayam dan pasokan gizi yang terdapat di dalam daging ayam sebagai berikut :

Air

Air adalah bagian terbesar dari daging. Kandungan air pada daging ayam muda sekitar 70 %, pada daging ayam tua sekitar 60 %.

Protein

Daging ayam adalah sumber protein yang cukup baik. Artinya, selain kandungan proteinnya tinggi juga mudah diserap oleh usus. Setiap 100 gram daging ayam kampung mengandung protein sekitar 18,1 %.

Lemak

Lemak adalah ayam menyebar dibawah kulit, hanya sedikit yang berada di dalam daging. Oleh karena itu, kandungan lemak pada daging unggas lebih rendah dibandingkan dengan daging ternak ruminansia, sepert sapi, kerbau, dan kambing. Kandungan lemak ayam dewasa lebih tinggi dari pada ayam muda. Demikian juga ayam betina, kandungan lemaknya lebih tinggi dari pada ayam jantan. Tidak seperti ayam ras yang kandungan lemaknya 15,06 %, kandungan lemak ayam kampung justru lebih rendah, yakni 12 %.

Vitamin

Daging ayam adalah sumber vitamin B, berupa vitamin B1, B2, niasin, asam pantotenat, B6, folasin, dan B12. Vitamin B akan keluar dari daging jika daging ayam direbus.

Mineral

Pigmen yang membuat daging ayam berwarna merah mengandung zat besi (Fe) yang mdah diserap dan dimanfaatkan oleh tubuh manusia. Selain zat besi, daging ayam juga banyak mengandung phosphor dan kalium. Zat mineral lain yang dikandungnya adalah kalsium (K), magnesium (Mg), natrium (Na), seng (Zn), kuprum (Cu), dan mangan (Mn).

 Baca selengkapnya tentang Gambar Kandang Ayam atau ada yang ingin membuat Kandang Ayam

Sumber : Ayam Kampung Pedaging oleh Ir. Hadi Iswanto
Axact

KAOS DISTRO

KAOS DISTRO adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Distro sampai bagaimana cara menjual Kaos Distro Online maupun offline, Silakan cari arti www.kaosdistro.web.id..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini, Jika antum PRODUSEN KAOS DISTRO MAU KERJASAMA SILAKAN KONTAK NO TLP YANG ADA DI WWW.KAOSDISTRO.WEB.ID

Post A Comment:

0 comments: