Ternak Ayam ~ Penyakit ini biasa disebut dengan forl fox atau diptheria avium. Penyebabnya adalah virus Borreliota avium. Jika menyerang kaki atau kulit akan menimbulkan benjol-benjol atau bintik-bintik berisi nanah, kemudian mengeras menjadi bintik-bintik merah kehitaman. 


Selain kaki dan kulit, penyakit ini dapat menyerang pial, tenggorok, dan mulut. Penyakit ini biasanya menyerang pada ayam yang daya tahan tubuhnya sedang menurun. Misalnya, sedang stres atau kekurangan vitamin A.

Penyakit ini menular melalui pakan, minuman, atau udara. Selain itu dapat juga lewar kontak langsung antara ayam sehat dan yang sakit, gigitan nyamuk, lalat atau serangga pengisap lainnya.

Usahakan burung-burung liar tidak mendekati ayam anda, atau masuk ke kandang penangkaran ayam anda. Dan Jangan membiarkan genangan air di lingkungan sekitar rumah atau kandang penangkaran. Selain bisa menjadi sarang nyamuk yang berbahaya bagi keluarga, juga bisa membawa virus cacar avian pox.

Rutinlah menjaga kebersihan kandang ayam anda, beserta aksesoris atau perlengkapan di dalamnya. Misalnya wadah pakan atau minum dibersihkan setiap hari.

Langkah pengobatan yang bisa dilakukan yaitu dengan cara mengolesi luka dengan Methylene Blue 1 % atau Yodium Tinctuur 2 dan membersihkan benjolan yang berisi nanah akibat forl fox dengan air hangat. Untuk mencegahnya, ayam bisa divaksin dengan vaksin forl fox.
Baca selengkapnya tentang Gambar Kandang Ayam atau ada yang ingin membuat Kandang Ayam
Sumber : Ayam Kampung Pedaging oleh Ir. Hadi Iswanto
Axact

KAOS DAKWAH

KAOS DAKWAH adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Dakwah sampai bagaimana cara menjual Kaos Dakwah Online maupun offline, Silakan cari artikel di blog ini..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini.

Post A Comment:

0 comments: