Ternak Ayam ~ Penyakit ini juga disebut dengan omphalitis. Umumnya menyerang anak ayam yang baru menetas hingga dua minggu. Infeksi pertama muncul ketika anak ayam mempunyai cadangan makanan berupa kuning telur (yolk) di dalam perutnya. Gejala klinis anak ayam yang terserang penyakit ini tidak tampak, bahkan sampai beberapa jam menjelang kematiannya.


Gejala umum yang kadang-kadang dijumpai adalah anak ayam terlihat lemah, kepalanya menunduk, dan bergerombol di sekitar lampu pemanas. Namun apabila diamati secara teliti, perut anak ayam tampak buncit, pusar bengkak kemerahan, dan basah.

Adanya penimbunan cairan pada pusar tersebut membuat cadangan makanan yang masih terdapat dalam tubuh tidak habis terserap.

Kuning telur itulah yang akhirnya membusuk karena diurai oleh bakteri sebagai sumber makanan dan dijadikan sarana berkembang biak. Proses penguraian inilah yang menimbulkan racun sehingga anak ayam mengalami peradangan. Jika dibiarkan, peradangan akan menjalar dan merusak selaput rongga perut dan organ lain di sekitarnya. Akibat yang lebih fatal, tak lama kemudian ayam akan mati.

Penyebab penyakit ini adalah bakteri Bacillus cereus, Stapylococcus aureus, Clostridium welchii dan Clostridium sporogenes. Yang agak melegakan, penyakit ini tidak menular. Penyakit radang pusat ayam muncul karena kesalahan tata laksana penetasan dan pemeliharaan setelah anak ayam keluar dari tempat penetasan (mesin tetas). Beberapa faktor yang bisa mengundang munculnya penyakit radang pusar sebagai berikut.
  1. Telur yang akan ditetaskan dalam kondisi retak.
  2. Sanitasi atau kebersihan mesin tetas yang kurang terjaga.
  3. Pengaturan suhu dan kelembapan mesin tetas kurang tepat.
Langkah pencegahan yang bisa diterapkan, diantaranya anak ayam yang baru turun dari mesin tetas jangan langsung diberi makan, cukup diberi air minum dan tambahan vitamin serta mineral. Tujuannya agar penyerapan cadangan makanan dalam kantung perut anak ayam berlangsung lebih cepat. Kehangatan boks pembesaran juga perlu diatur sesuai dengan kebutuhan anak ayam. Langkah lain yang tak kalah penting adalah menjaga kebersihan kandang.
 Baca selengkapnya tentang Gambar Kandang Ayam atau ada yang ingin membuat Kandang Ayam

Sumber : Ayam Kampung Pedaging oleh Ir. Hadi Iswanto

0 comments so far,add yours