Ternak Ayam ~ Pilek atau snot pada ayam termasuk penyakit yang cukup berbahaya. Daya penularannya sangat cepat dan menyerang semua jenis ayam, terutama ayam piaraan. Gejala awal penyakit pilek atau infectious coryza dapat dilihat lewat dari penampilannya. 


Ayam tampak lesu, lebih banyak berdiam diri dan tidak punya gairah sama sekali. Selera makan menurun, sehingga berat badannya juga turun. Selain itu, ayam terlihat suka menggelangkan kepala sembari bersin.

Pada gejala lanjut, di kedua lubang hidung dan matanya keluar cairan. Mula-mula bening mirip ingus encer, semakin lama menjadi kental hingga membuat lubang hidung tersumbat. Penyumbatan membuat pernafasan terganggu sehingga ayam sering membentur-benturkan paruhnya supaya ingus kental tersebut bisa keluar. Pada kedua mata ayam, juga menumpuk cairan kental putih kekuningan. Tanda lain yang bisa dilihat adalah rona muka ayam akan membengkak dan pucat.

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Haemophilus gallinarum. Bakteri ini tergolong lemah dan kurang berbahaya, tetapi penularannya sangat cepat. Penyebarannya bisa melalui makanan, minuman, dan udara. Jika ada yang sudah terserang penyakit pilek, secepatnya ayam tersebut dikarantina atau dipisahkan dari ayam-ayam sehat.

Ayam yang sakit bisa diberi kapsul antisnot, dan Neo Terramycin 25U. Selain itu, bisa diberikan suntikan Streptomycin sebanyak 0,2 cc perhari.

Penyuntikan ini dilakukan selama 3 hingga 5 hari. Bagian yang disuntik adalah leher bagian belakang. Sementara untuk pencegahan, ayam-ayam yang masih sehat diberi obat antibiotik, seperti Streptomycin atau Sulfanilamida. Obat-obatan itu bisa dibeli di toko keperluan unggas atau poultry shop.

Apabila obat khusus unggas belum ada di daerah anda, bisa digunakan obat flu untuk manusia. Misalnya, Neozep, Decolgen, Ultra Flu. Setiap satu tablet dilarutkan dalam satu sendok teh, kemudian diminumkan pada ayam yang sakit.

Untuk mencegah serangan penyakit snot lebih dini sebaiknya dilakukan vaksinasi. Vaksinasi dilakukan ketika ayam berumur 1 hingga 2 minggu, satu bulan, tiga bulan, dan saat ayam menjelang dewasa (sekitar umur enam bulan).
 Baca selengkapnya tentang Gambar Kandang Ayam atau ada yang ingin membuat Kandang Ayam

Sumber : Ayam Kampung Pedaging oleh Ir. Hadi Iswanto
Axact

KAOS DISTRO

KAOS DISTRO adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Distro sampai bagaimana cara menjual Kaos Distro Online maupun offline, Silakan cari arti www.kaosdistro.web.id..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini, Jika antum PRODUSEN KAOS DISTRO MAU KERJASAMA SILAKAN KONTAK NO TLP YANG ADA DI WWW.KAOSDISTRO.WEB.ID

Post A Comment:

0 comments: