Ternak Ayam ~ Penyakit yang disebabkan oleh virus newcastle disease (ND) ini merupakan momok paling menakutkan bagi peternak ayam. Virus ND termasuk jenis virus ganas. Angka kematian akibat serangan penyakit ini cukup tinggi, yaitu mencapai 80 % bahkan tak jarang mencapai 100 %. Sifat virus ND tidak tahan terhadap sinar matahari, panas tinggi, fumigasi, larutan formalin 1-2 %, serta larutan kalium permanganat (KP). Apabila tersembunyi di dalam tumpukan gabah kering (litter), virus ND bisa bertahan sampai lebih dari dua bulan.


Ayam yang terserang virus ND akan menyebarkan virus melalui lendir yang keluar dari rongga mulut, lubang hidung, atau feses (kotoran). Virus juga dapat ditularkan melalui kontak langsung ayam yang sakit dengan ayam yang rentan (mudah) tertular). Virus ini pun bisa berpindah tempat melalui debu, peralatan kandang, dan litter bekas ayak sakit. Angin, serangga serta burung liar juga turut membantu terjalinnya kontak penyakit.

Agar ayam kampung tidak terserang penyakit tetelo, sebaiknya dilakukan pencegahan dengan vaksinasi, mencuci kandang serta peralatan bekas pakai dengan menggunakan disinfektan, mengganti litter baru, dan mencegah masuknya perantara yang dapat membawa virus ke dalam kandang.
Baca selengkapnya tentang Gambar Kandang Ayam atau ada yang ingin membuat Kandang Ayam

Gejala-Gejala Ayam Terkena Penyakit Tetelo

  • Excessive mucous di trakea.
  • Gangguan pernapasan dimulai dengan megaop-megap, batuk, bersin dan ngorok waktu bernapas.
  • Ayam tampak lesu.
  • Nafsu makan menurun.
  • Produksi telur menurun.
  • Mencret, kotoran encer agak kehijauan bahkan dapat berdarah.
  • Jengger dan kepala kebiruan, kornea menjadi keruh, sayap turun, otot tubuh gemetar, kelumpuhan hingga gangguan saraf yang dapat menyebabkan kejang-kejang dan leher terpuntir.

Penanggulangan Penyakit Tetelo Pada Ayam

  • Ayam yang tertular harus dikarantina atau bila sudah pada stadium berbahaya maka harus dimusnahkan.
  • Vaksinasi harus dilakukan untuk memperoleh kekebalan. Vaksinasi pertama, dilakukan dengan cara pemberian melalui tetes mata pada hari ke 2. Untuk berikutnya pemberian vaksin dilakukan dengan cara suntikan di intramuskuler otot dada.
  • Untuk memudahkan untuk mengingat mengenai waktu pemberian vaksin, seorang pakar menyarankan agar memberikan vaksin ini dilakukan dengan pola 444. maksudnya vaksin ND diberikan pada ayam yang berumur 4 hari, 4 minggu, 4 bulan dan seterusnya dilakukan 4 bulan sekali. Akan tetapi pola pemberian ini dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan dan efektivitas terbaik dari hasilnya. 
Axact

KAOS DAKWAH

KAOS DAKWAH adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Dakwah sampai bagaimana cara menjual Kaos Dakwah Online maupun offline, Silakan cari artikel di GHIRAH.COM..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini, Jika antum PRODUSEN KAOS DAKWAH ATAU DISTRO MAU KERJASAMA SILAKAN KONTAK NO TLP YANG ADA DI WEB GHIRAH.COM

Post A Comment:

0 comments: