Ternak Ayam ~ Tungau adalah sejenis hama yang sangat kecil. Besarnya sama dengan butiran debu halus dan warnanya beragam, yaitu putih, kelabu, cokelat, dan merah. Hama ini berkembang biak dengan cepat dalam waktu singkat, sehingga mudah menyebar ke mana-mana. Selain berpindah secara langsung, tungau bisa berpindah karena terbawa angin. Jika kebersihan kandang kurang terjaga, populasinya akan semakin bertambah.


Tungai bisa menjadi musuh utama ayam, lantaran hidupnya memang pada bagian-bagian tertentu dari kandang. Kotoran ayam dan sisa-sisa makanan yang menumpuk merupakan tempat favoritnya. Selanjutnya hama ini akan merembet dan berpindah sebagian ke tubuh ayam.

Akibat yang ditimbulkan oleh tungai ini adalah rusaknya organ luar, khususnya bulu dan kulit ayam. Helaian bulunya rontok dan tangkai bulunya lapuk, bahkan hancur. Bila tidak diatasi, tubuh ayam akan menjadi gundul. Sengatan tungau pada kulit ayam terasa sangat gatal sehingga bisa menimbulkan luka.
Baca selengkapnya tentang Gambar Kandang Ayam atau ada yang ingin membuat Kandang Ayam

Sebelum tungau muncul dan berkembang biak, jaga kebersihan kandang. Setiap kali terdapat kotoran ayam dan sisa makanan yang berserakan, segera bersihkan. Untuk pengobatan, semprot ayam dengan larutan Sevin 0,15 % atau fumigasi kandang dengan insektisida seperti Nicotine Sulfat dan Black Leaf 40.

Atau anda bisa membuat sendiri ramuan untuk membasmi kutu tersebut. Berikut ramuan atau cara membasmi kutu atau tungau pada ayam peliharaan anda yang dikutip melalui ayam-kampung-super.blogspot.com :

Bahan-bahan dan hal yang di perlukan :
  1. Empat buah jeruk
  2. Dua batang kayu manis
  3. Dua biji vanili
  4. Botol cuka putih
  5. Dua toples untuk perendaman
  6. Botol Semprot
  7. Pisau
Cara Pembuatannya :
  1. Kupas jeruk dan pisahkan kulit menggunakan dua toples untuk perendaman.
  2. Hancurkan batang kayu manis masukan satu ke dalam untuk setiap bagian.
  3. Iris bagian tengah biji vanili, dipotong setengah dan tambahkan pada setiap bagian.
  4. Tuangkan cuka ke dalam rendaman. Cuka putih berfungsi sebagai disinfektan alami. Cuka juga berfungsi sebagai anti bakteri, yang dapat membunuh jamur dan juga dapat mengusir semut .
  5. Hal yang perlu anda Perhatikan adalah Jangan menggunakan cuka selain cuka putih, misal Cuka apel, Cuka apel akan menarik lalat.
Untuk menggunakannya, semprotkan larutan ke kandang, ketempat mengeram, jangan lupa saring dulu larutannya sebelum di masukan ke dalam alat penyemprot. Ramuan ini bisa bertahan sekitar satu bulan. Untuk menjaga larutan ini, kocok botol setiap beberapa hari sekali. Jika sudah agak lama, campuran akan berubah bau nya menjadi bau khas kulit jeruk dan harum.

0 comments so far,add yours