Ternak Ayam ~ Flu Burung atau Avian Influenza tergolong jenis penyakit unggas yang masih baru. Penyakit ini masuk ke Indonesia pada awal tahun 2000. Kehadiran flu burung sempat memporak-porandakkan dunia perunggasan Indonesia. Tidak sedikit usaha peternakan yang gulung tikar akibat serangan penyakit ini. Para peternak ayam sebaiknya tetap waspada terhadap serangan penyakit yang mematikan ini. Pasalnya, tingkat kematiannya bisa mencapai 100 %.


Penyakit avian influenza (AI) disebabkan oleh virus yang diklasifikasikan ke dalam orthomyxoviruses. Golongan virus ini memiliki tiga tipe yaitu, tipe A, B, dan C. Virus penyebab flu burung menyerang organ pernafasan atau sistem syaraf. Pada suhu 22' Celcius, virus ini mampu bertahan hidup selama empat hari. Sementara itu, pada suhu 0' C bertahan hingga 30 hari. Namun, pada suhu 80' C virus ini bisa mati dalam waktu satu menit.

Unggas yang terserang flu burung akan menampakkan gejala yang sangat jelas, tetapi tingkat serangannya tergantung dari umur dan spesies unggas yang terjangkit. Serangan akut menampakkan gejala terjadinya gangguan pernafasan seperti batuk, bersin, dan sinusitis. Gejala lainnya, seperti mata berair, badan lemah, diare, serta stres. Serangannya menjadi lebih ganas jika unggas juga terjangkit penyakit fowl cholera atau colibacillosis.

Penyebaran virus bisa terjadi jika unggas yang terinfeksi mengeluarkan virus melalui saliva atau kelenjar ludah, saluran pernafasan, conjunctiva, atau kotoran ayam. Penularan penyakit ini juga bisa melalui kontak langsung antara ayam yang sakit dan ayam yang sehat. Selain itu, penyebaran secara tidak langsung bisa melalui udara atau virus yang dikeluarkan melalui kotoran.
Baca selengkapnya tentang Gambar Kandang Ayam atau ada yang ingin membuat Kandang Ayam

Penyebaran penyakit ini juga bisa melalui peralatan kandang, pakan, serta air minum yang terkontaminasi virus flu burung. Langkah pencegahan bisa dilakukan dengan cara vaksinasi rutin, menjaga sanitasi kandang, dan melarang keluar masuk peralatan kandang. Sementara itu, langkah penanggulangan berupa isolasi kandang, membakar semua ayam yang terinfeksi, dan memfumigasi kandang.

Sumber : Ayam Kampung Pedaging oleh Ir. Hadi Iswanto
Axact

KAOS DISTRO

KAOS DISTRO adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Distro sampai bagaimana cara menjual Kaos Distro Online maupun offline, Silakan cari arti www.kaosdistro.web.id..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini, Jika antum PRODUSEN KAOS DISTRO MAU KERJASAMA SILAKAN KONTAK NO TLP YANG ADA DI WWW.KAOSDISTRO.WEB.ID

Post A Comment:

0 comments: