GAMBAR KANDANG AYAM : Keunggulan dan Kelemahan Ayam Jawa Super ~ Sebelum sebuah usaha dimulai, tentunya perlu terlebih dahulu mengenal dan mendalami jenis usaha yang akan dilakukan. Proses ini adalah naluri dasar manusia untuk mempertimbangkan baik dan buruk atau untung dan rugi ketika akan mengerjakan sesuatu. Dalam kaitannya dengan usaha beternak ayam jawa super ini, "naluri bisnis" tersebut harus semakin dipertajam.

 Baca selengkapnya tentang Gambar Kandang Ayam atau ada yang ingin membuat Kandang Ayam


Untuk mengasah naluri bisnis sebelum mulai beternak ayam jawa super, berikut ini dipaparkan beberapa keunggulan dan kelemahannya, terutama jika dibandingkan dengan ayam ras (negeri) dan ayam buras. Keunggulan dan kelemahan tersebut sekaligus menjadi ciri khas dari ayam jawa super.

Keunggulan Ayam Jawa Super

  • Ayam jawa super bertubuh besar (gemuk) mirip ayam negeri sehingga bobot tubuhnya lebih berat dibandingkan dengan ayam kampung seumurnya. Sebagai gambaran, dalam usia dua bulan, beratnya bisa mencapai lebih dari 2 kg.
  • Pertumbuhan tubuhnya lebih cepat dibandingkan dengan ayam kampung lainnya, bahkan hampir menyamai  ayam negeri.
  • Kandungan lemak pada dagingnya sangat sedikit dan rasa dagingnya sama dengan rasa daging ayam kampung.
  • Masa panen atau umur siap potong tidak jauh berbeda dengan ayam negeri. Pada umur 2-3 bulan, ayam ini sudah bisa dikonsumsi. Hal ini berbeda dengan ayam kampung yang baru bisa dikonsumsi setelah berumur empat bulan.
  • Setelah dewasa (di atas umur empat bulan) cenderung dengan telur setiap hari, meskipun tidak ada pejantannya.
  • Telur yang dihasilkan jauh lebih besar dibandingkan dengan telur ayam kampung. Ukurannya sama dengan telur ayam ras, bahkan ada yang lebih besar (1 kg rata-rata berisi 14-16 butir). Sementara itu, harga telur perkilogramnya sama dengan harga telur ayam negeri.
  • Seperti halnya ayam kampung, ketahanan terhadap berbagai jenis penyakit dan pergantian cuaca lebih baik dibandingkan dengan ayam negeri.
  • Bisa diperlihara di berbagai tempat, terlebih di dataran rendah.
  • Di bandingkan dengan ayam negeri, pakan ayam jawa super relatif lebih mudah dan murah. Bahkan limbah dapur bisa dimanfaatkan sebagai tamabahan pakan.

Kelemahan Ayam Jawa Super

  • Karena ukuran tubuhnya cukup besar, selera makannya juga cukup tinggi alias rakus sehingga terjadi pemborosan pakan.
  • Tidak seperti ayam buras pada umumnya, ayam jawa super termasuk jenis ayam yang malas mengerami telurnya.
  • Tidak seperti ayam kampung yang telurnya bisa diperjualbelikan perbutir, cara penjualan telur ayam jawa super ini disamakan dengan cara penjualan telur ayam negeri, yakni hanya dijual dalam satuan kilogram (kiloan).
  • Karena standar jualnya kiloan, dengan sendirinya harga telurnya menjadi lebih murah dibandingkan dengan telur ayam kampung.
  • Ayam jawa super masih jarang ditemukan di pasaran, kalaupun ada, hanya ditemukan di daerah-daerah tertentu. Hal ini jelas berbeda dengan ayam kampung dan ayam negeri yang sudah dikenal dan tersebar di mana-mana. Kondisi ini agak mempersulit konsumen atau masyarakat untuk mendapatkannya, kecuali jika mau sedikit bersusah payah dengan cara berburu ke luar daerah.
Dari kelebihan dan kelemahannya tersebut, tampaknya ayam yang berkarakter agresif dan cenderung galak ini memiliki potensi untuk diusahakan, baik sebagai petelur maupun yang dicampur dengan ayam peliharaan jenis lain. Jika tidak diusahakan secara komersial, ayam bertubuh montok ini bisa dijadikan sebagai hewan kesayangan untuk mengisi lahan pekarangan kecil di sekitar rumah.

Catatan:
  • Kenali dan pahami kelebihan dan kelemahan ayam jawa super sebelum mulai beternak atau membudidayakannya.
  • Bandingkan atau pertimbangkan kelebihan dan kelemahannya. Jika merasa mantap segera buat perencanaan, tetapi jika ragu-ragu lebih baik urungkan atau tunda terlebih dahulu keinginan untuk beternak ayam jawa super.
Oleh Mas Bagong Mulyono dan Purnomo Raharjo
Axact

KAOS DISTRO

KAOS DISTRO adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Distro sampai bagaimana cara menjual Kaos Distro Online maupun offline, Silakan cari arti www.kaosdistro.web.id..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini, Jika antum PRODUSEN KAOS DISTRO MAU KERJASAMA SILAKAN KONTAK NO TLP YANG ADA DI WWW.KAOSDISTRO.WEB.ID

Post A Comment:

0 comments: